\ Daftar Merek Fesyen yang Rilis Koleksi Denim Ramah Lingkungan

Daftar Merek Fesyen yang Rilis Koleksi Denim Ramah Lingkungan

merek-denim-ramah-lingkungan merek-denim-ramah-lingkungan

Denim atau yang lebih dikenal sebagai produk jeans ini merupakan cela satu fashion item yang paling legendaris di industri fesyen. Selain bahannya yang cenderung lebih ‘adem’, jeans juga termasuk cela satu item yang pemakaiannya cukup tahan lama. Tetapi, di balik kenyamanannya, ternyata jalan pembuatan denim menghabiskan berjibun air lo.

Selain itu, mode produksinya juga menggunakan bahan kimia yang limbahnya dapat mencemari dunia. Tapi tenang, saat ini sudah mulai berjibun merek fesyen yang bergetar untuk melaksanakan perubahan melintasi inovasi produk yang lebih ramah dunia. Nah, bagi kamu yang tertarik dengan sustainable fashion, yuk simak ulasan Hipwee Style berikut ini!

1. Nudie Jeans menjadi pionir dalam mengembangkan denim ramah lingkungan

Merek fesyen asal Swedia ini menjadi pionir dalam menciptakan produk yang ramah alam. Dalam operasi pembuatannya, Nudie Jeans menggunakan 100 persen kapas organik tersertifikasi tanpa tambahan bahan kimia sesangkat nggak membahayakan para pekerjanya. Selain itu, Nudie Jeans juga melakukan inovasi dengan membuat Nudie Jeans Repair Shop yang menjadi dunia untuk memperTulusi produk denim.

Jadi, bagi kamu yang memiliki koleksi dari merek ini dan mengalami kerusakan, kamu dapat memperbaikinya di gerai repair shop secara gratis. Oh ya, kalau kamu punya koleksi denim yang sudah nggak terpakai lagi, kamu bisa membawa koleksimu dan akan mendapatkan potongan harga 20% untuk produk terbaru. Nantinya, donasi denim tersebut akan diolah dan dijual kembali menjadi produk vintage secondhand.

2. Merek fesyen lokal kind_denim meluncurkan produk denim dengan konsep sustainable fashion

Merek fesyen lokal Indonesia juga sudah mulai berguncang untuk melakukan produk denim yang ramah jagat, alpa satunya KIND Denim. Pada bulan Februari 2021, merek fesyen ini resmi merilis produk fesyen dengan konsep berkelanjutan.

Seluruh produk denim yang dibuat menggunakan material yang sustainable seperti katun, fiber dan lycra yang telah tersertifikasi Cotton USA dan menggunakan 100 persen kapas organik. Proses produksinya juga tetap memerhatikan lingkungan dengan menggunakan teknologi Ide energi serta menggunakan kemasan dari bahan daur ulang.

3. Levi’s juga turut melakukan inovasi berkelanjutan dengan merilis produk denim yang dapat didaur ulang

Merek fesyen satu ini juga sudah dikenal lama sebagai keliru satu merek denim terbaik. Awal pedulin 2022 ini, Levi’s ikut berkontribusi untuk memulai perubahan dengan merilis koleksi Levi’s 501 yang ramah lingkungan. Materialnya terbuat dari serat viscose dan kapas organik yang dapat didaur ulang.

Levi’s juga melakukan sebuah kampanye bertajuk “Buy Better Wear Longer” bak bentuk dukungan atas industri fesyen yang lebih berkelanjutan.

4. H&M Indonesia berkolaborasi dengan merek fesyen Lee melahirkan koleksi denim yang ramah lingkungan

H&M juga melakukan kolaborasi dengan merek denim ternama asal Amerika Serikat untuk membuat koleksi denim yang ramah lingkungan. Koleksinya kali ini terbuat dari 100 persen limbah daur ulang yang terbatang tubuh dari 80 persen limbah pasca-industri dan 20 persen limbah pasca-pelanggan.

Selain itu, terdapat koleksi yang menggunakan material bebas kapas dari serat buatan yang diperbarui dan pewarna laser yang Ide air.

5. Terakhir, ada merek fesyen lokal Triple Jeans yang juga mengusung konsep keberlanjutan pada produknya

Kembali ke merek fesyen lokal, kali ini juga ada Triple Jeans yang ikut bergabung menjadi luput satu merek fesyen yang mengusung konsep sustainable fashion. Seluruh koleksinya mengusung konsep “slow fashion” sesantak dapat dipakai kapan pun dan nggak terkekang oleh durasi. Selain itu, merek ini juga mulai menggunakan bahan baku yang lebih ramah bumi dari bahan organik.

Semakin ke sini, kita memang sudah layak mulai aware dengan kondisi bumi, cela satunya dengan mengambil polusi dan sampah melampaui produk ramah lingkungan. Kalau menurutmu gimana nih SoHip?