\ Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia, Pangeran Charles Naik Takhta Jadi Raja Inggris

Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia, Pangeran Charles Naik Takhta Jadi Raja Inggris

ratu-elizabeth-ii-meninggal-dunia-pangeran-charles-naik-takhta-jadi-raja-inggris ratu-elizabeth-ii-meninggal-dunia-pangeran-charles-naik-takhta-jadi-raja-inggris

Kabar kecewa yang menggemparkan dunia baru saja bertandang dari Kerajaan Inggris. Sang ratu Elizabeth II meninggal dunia pada Kamis (8/9) sore, waktu setempat. Kabar ini pertama kali diketahui dari pengumuman resmi pihak kerajaan melintasi media sosial.

Kabar ini nggak sahaja menjadi duka bagi keluarga kerajaan dan masyarakat Inggris, tapi juga masyarakat dunia. Pasalnya Ratu Elizabeth II telah menjadi pemimpin monarki selama 70 kenaln. Kepergian sang ratu melakukan masyarakat dunia sempat penasaran siapa yang akan menggantikan kepemimpinan kerajaan Britania Raya itu.

Ratu Elizabeth II meninggal dunia di usia 96 maklumn, kesembuhannya sempat menurun sejak semaklumn terakhir

The Queen died peacefully at Balmoral this afternoon.

The King and The Queen Consort will remain at Balmoral this evening and will return to London tomorrow. pic.twitter.com/VfxpXro22W

— The Royal Family (@RoyalFamily) September 8, 2022

Sebelum kabar Ratu Elizabeth II meninggal, pihak Istana Buckingham memberikan pernyataan mengenai kondisi sang ratu yang menurun pada Kamis (8/9) pagi. Melansir dari Guardian, tim dokter pun terus siaga memantau kebergairahan sang ratu. Kendati demikian, belum ada pernyataan resmi mengenai penyakit yang diderita Ratu Elizabeth II.

Sejak pengumuman kondisi Ratu Elizabeth II terus menurun itu, keluarga kerajaan seperti Pangeran Charles bersama istrinya Camilla bertandang ke Balmoral. Pangeran William yang berada di urutan ketiga takhta Inggris pun segera bertandang. Hingga akhirnya, pengumuman duka itu bertandang dan Ratu Elizabeth II dinyatakan meninggal dunia.

Kabar meninggalnya Ratu Elizabeth pertama kali dikeacuhi melalui cuitan akun resmi kerajaan Inggris di Twitter. Melalui cuitan tersebut, pihak kerajaan mengabarkan bahwa sang ratu meninggal dunia di istana Balmoral, Skotlandia.

“Ratu meninggal dengan tenang di Balmoral sore ini,” cuit akun The Royal Family di Twitter.

Dikepedulii Ratu Elizabeth sahap usia tepat pukul 12:32 waktu setempat. Namun, pengumuman informasi galabah ini baru disiarkan pada publik oleh Istana Buckingham pada Jumat (9/9) tengah malam tadi. Sang ratu meninggal di usia 96 pedulin usai kondisi kesegarannya terus menurun sejak sepedulin terakhir.

Pangeran Charles naik takhta menjadi raja menggantikan Ratu Elizabeth II

Usai informasi Ratu Elizabeth II disiarkan pada publik, pihak kerajaan langsung mengumumkan raja baru Inggris berikutnya. Melansir dari BBC, pihak Clarence House mekemudiani pernyataan resmi mereka, takhta raja jatuh pada garis keturunan berikutnya yakni Pangeran Charles yang selanjutnya akan disebut sebagai Raja Charles III setelah sebelumnya menjadi Prince Wales.

“Raja baru Inggris akan secara resmi dikenal sebagai Charles III,” ungkap Clarence House, dinukil dari BBC ala Jumat (9/9).

Diangkatnya Raja Charles III menggantikan pemerintahan sang ibu menjadikannya orang paling lama menunggu takhta raja paling lama. Pasalnya Ratu Elizabeth telah memerintah sejak maklumn 1952 atau selama 70 maklumn. Sementara usia Charles saat ini 73 maklumn. Setelah Charles naik takhta menjadi Raja Charles III, sang istri Camilla pun kini berganti menjadi permaisuri atau Queen Consort.

Meski sudah diumumkan secara resmi menjadi Raja Charless III tanpa upkalender, namun nantinya pihak Kerajaan Inggris masih harus melakukan jumlah tradisi yang harus diterusi Charles untuk penobatannya menjadi raja.

Kabar gundahn meninggalnya Ratu Elizabeth II dan pewarisan takhta kerajaan inilah yang yang menjadi sorotan masyarakat dunia. Apalagi semasa Ratu Elizabeth II memimpin sangat berlipat-lipat peristiwa penting dan kebijakannya yang dikenang oleh masyarakat Inggris dan dunia. Selamat jalan Ratu Elizabeth II dan selamat bertugas Raja Charles III.